Home > Uncategorized > Belajar Membuat Surat Penawaran

Belajar Membuat Surat Penawaran

Surat menyurat ternyata tidak hanya ada dalam dunia pendidikan atau administrasi perkantoran. Kegiatan pemasaran dalam bisnis pun butuh yang namanya pembuatan surat. Di antara sekian banyak surat, salah satu yang paling dekat dengan dunia pemasaran adalah surat penawaran. Para pengusaha, baik produk jasa maupun barang, wajib mengetahui contoh surat penawaranlantaran fungsinya yang cukup signifikan dalam meningkatkan tingkat penjualan dan perolehan keuntungan. Tidak perlu pusing mencari contoh surat ini, karena Anda bisa mendapatkannya di berbagai website melalui internet.
Membuat Surat Penawaran
Sebelum membuat surat penawaran, perlu diketahui bahwa surat jenis ini termasuk kategori surat resmi. Artinya, bahasa atau kata-kata yang digunakan di dalamnya sebaiknya yang berjenis formal. Selain itu, penting juga untuk digali mengenai apa saja yang harus dimasukkan ke dalam sebuah surat penawaran. Jika Anda seorang newbiedalam hal surat menyurat, ada baiknya memulai dengan melihat-lihat contoh surat penawaran. Atau, Anda juga bisa menyimak contoh cara pembuatan surat penawaran di bawah ini.
Seperti semua jenis surat, ada tiga bagian utama yang harus selalu ada; yaitu pembukaan, inti/isi surat, dan penutup. Ketiganya tentu akan Anda temukan di setiap contoh surat penawaranyang dijumpai. Berikut unsur-unsur yang sebaiknya Anda masukkan dalam setiap tulisan penawaran bisnis Anda:
  • kop surat; yang menginformasikan tentang perusahaan atau instansi Anda, berikut alamat, logo, dan nomor telepon
  • identitas yang dituju; bisa berupa perorangan (direktur/manajer dsb.) atau nama perusahaannya.Contoh: Kepada CV xxxx; bisa disertai alamat atau keterangan lainnya.
  • salam pembuka; gunakan salam kategori formal yang lazim digunakan dalam surat resmi; seperti ‘dengan hormat’
  • isi; yang merupakan inti dari surat penawaran. Di bagian ini, sampaikan sedikit keterangan mengenai perusahaan Anda, apa yang Anda tawarkan, dan informasi pendukung terkait penawaran yang Anda buat seperti contact person yang bisa dihubungi kalau tertarik.
  • penutup; biasanya berisi ucapan terimakasih, salam penutup, serta tanda tangan dari pihak yang punya otorisasi mengirim surat.
Tips Menulis Surat Penawaran
Penting untuk mengetahui mana contoh surat penawaran yang benar dan baik; serta mana yang kurang efektif. Mengapa? Karena bisa jadi surat yang Anda buat akan menentukan sukses tidaknya salah satu upaya pemasaran Anda ini. Tanpa mengetahui kaidah yang benar, surat penawaran justru bisa jadi boomerang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat penawaran, antara lain:
  • ejaan. Pastikan seluruh bagian surat, setiap katanya, ditulis sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik serta benar. Selain agar tidak menimbulkan salah paham, surat juga bisa membawa nama baik Anda dan perusahaan. Memang tidak semua partner memperhatikan detail surat, tetapi bisa jadi Anda akan bertemu dengan yang sejenis itu.
  • Tidak berbelit dalam menyampaikan sesuatu. Gunakan gaya bahasa formal yang langsung menuju sasaran. Tidak usah bertele-tele dalam menyampaikan sesuatu. Contoh surat penawaran yang baik adalah yang ringkas, padat informasi, tetapi tetap jelas dan enak dibaca.
Categories: Uncategorized Tags: